ekonomi

BAB7
Akuntansi dan sistem Informasi
A.Akuntansi Dan Sistem Informasi
Akuntansi adalah proses pengidentifikasian,pengukuran dan pelaopran informasi,yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh mereka yang menggunakan informasi keuangan tersebut.
Terdapat 3 kesimpulan dari pengertian diatas:
a. Masukan(input)akuntasi sebagai sistem informasi adalah informasi ekonomi dari kegiatan organisasi atau perusahaan.
b. Masukan tersebut dioalh melaluli proses identifikasi,pengukuran,dan pelaporan yang menghasilkan keluaran yang berupa informasi atau laporan keuangan.
c. Keluaran tersebut digunakan sebagai penunjang pengambilan keputusan bisnis oleh pemakai informasi tersebut.
Karena itulah akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis.
B.Kualitas Informasi Akuntansi
a. Perbandingan antara manfaat dan biaya.
Pertimbangan utamanya adalah bahwa manfaat laporan akuntansi paling tidak harus sama dengan biaya yang membuat laporan tersebut.
b. Dapat dimengerti
Informasi dapat dimengerti oleh pemakai karena dinyatakan dalam bentuk dan istilah yang disesuiakan dengan batas pengertian atau pengetahuan pemakai.
c. Relevan
Agar informasi relevan,maka dipilh metode-metode pengukuran dan pelaporan akuntansi keuangan yang akan membantu para pemakai dalam pengambilan keputusan yang memerlukan pengunaan data akuntansi.
d. Dapat dipercaya
Suatu informasi akuntansi yang dapat dipercaya tergantung pada tiga hal yaitu:
1. dapat diuji
2. netral.
3. menyajikan yang seharusnya.
e. Nilai prediksi.
Informasi tentang keuangan masa Semarang atau kinerja masa lalu bisa memiliki nilai prediksi.artinya,dapat digunakan sebagai dasar memprediksi masa depan.
f. Feedback(umpan balik)
Umpan balik dapat berupa prediksi,pembenaran,atau penolakan terhadap perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.
g. Ttepat waktu.
Informasi harus disampaikan sedini mungkin agar dapat digunakan sebagai dasar untuk mebantu dalam pengambilan keputusan-keputusan perusahaan dan untuk mengindari tertundanya pemabilan keputusan.
h. Dapat dibandingkan atau konsisten.
Dengan dibandingkan dimaksudkan agar pembaca laboran keuangan dapat lebih mudah mengetahui persamaan dan perbedaan diantara perusahaan yang bersangkutan.
i. Materiality(cukup berarti)
Tuntutan prinsip akuntansi bila diabaikan jika suatu laporan keuangan dianggap penting bagi pemakai laporan keuangan tersebut.

C.Pemakai Informasi Akuntansi.
1. Pihak internal
Pihak internal adalah pihak yang berhubungan langsung dengan operasi perusahaan sehari-hari yaitu pemimpin perusahaan.pemimpin perusahaan sangat berkepentingan terhadap informasi akuntansi karena dialah yang palin bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.
2. Pihak eksternal.
Pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan tapi tidak terlibat secara langusung dalam membuat berbagai keputusan dan kebijakan operasional perusahaan.
Pihak eksternal terdiri dari pihak-pihak sebagai berikut.
a. Pemilik perusahaan atau pemegang saham atau investor.
Pemilik perusahaan atau pemegang perusahaan adalah pihak yang berkepentingan atas maju-mundurnya perusahaan karena merekalah yang menganggung resiko atas modal yang disetornya kedalam perusahaan.
b. Karyawan dan para serikat kerja.
Karyawan dan serikat kerja berkepentingan atas maju-mundurnya perusahaan.
c. Kreditor
Seringkali perusahaan membutuhkan pinjaman.pinjaman tersebut berasal dari kreditor.kreditor akan memutuskan apakah akan memberi pinjaman atau tidak setelah melihat keadaan perusahaan atau informasi yang disajikan oleh akuntansi.
d.. Badan-badan pemerintah.
Pemerintah berkepentingan terhadap perusahaan misalnya dalam hal perpajakan dan ketenaga kerjaan.
e. Pelanggan.
Pelanggan sudah pasti berkepenting atas maju mundurnya perusahaan.pelanggan dalam hal ini termasuk konsumen dan pemasok.
f. masyarakat.
Masayarakat terutama berada disekitar perusahaan ,berkepntingan terhadap perusahaan dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan dan manfaat sosial.

D. Bidang Akuntansi.
1. Akuntansi keuangan
Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang mengkhusukan pada proses pencatatan transaksi hingga penyajiannya dalam bentuk laporan.dalam pencatatan transaksi keuangan perusahaan,akuntansi keuangan harus mengacu pada prinsip-prinsip yang dinyatakan dalam standar akuntansi keuangan.
2. Auditing
Bidang akuntansi yang mengkhusukan pada pemeriksaan catatan akuntansi secara independen disebut auditing.pelaksanaanya disebut auditor.yang bekerja secara bebas tanpa dipengaruhi kepentingan pihak-pihak tertentu.
3. Akuntansi biaya
Akuntansi biaya berhubungan dengan perencanaa,penetapan,dan pengendalian biaya produksi.karean objeknya adalah biaya produksi maka akuntansi biaya lazim digunakan oleh perusahaan Yang kegiatan utamanya memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi.
4. Akuntansi manjemen
Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang mengkhusukan pada pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi untuk membantu manajemen dalam menjalankan perusahaan.
5. Akuntansi anggaran
Akuntansi anggaran berhubungan dengan penyusunan rencana pengeluaran perusahaan dan membandingkannya dengan pengeluaran aktual.akuntansi anggaran merupakan bagian dari akuntansi manajemen.
6. Akuntansi perpajakan.
Akuntansi perpajakan mengkhusukan kegiatannya dalam penyiapan data yang diperlukan dalam perhitungan pajak.tujuannya adalah agar pajak yang dibayar perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah.
7. Sistem akuntansi.
Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang mengkhusukan dalam perencanaa dan pelaksanaa prosedur pengumpulan serta pelaporan data keuangan.
8. Akuntansi pemerintah
Akuntansi pemerintah mengkhusukan dalam penyajian laporan transaksi yang dilakukan oleh pemerintah.akuntansi inni melaporkan dan menjelaskan melalui data akuntansi berbagai aspek dai pengolaan administrasi keuangan negara dan melakukan pengendalian atas pengeluaran atau uang negara.
9. Akuntansi pendidikan
Akuntansi pendidikan berhubungan dengan kegiatan pengajaran dan pengembangan kegiatan akuntansi.

E. Bidang Profesi Akuntansi
1. Akuntan perusahaan(internal)
Akuntan perusahaan adalah akuntan yang bertanggung jawab dalam perusahaan dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuangan perusahaan.akuntan perusahaan biasanya bertindak sebagai pengontroll perusahaan yaitu pengawas terhadap seluruh operasi perusahaan yang berhubunag dengan keluar-masuk uang.
2. Akuntan publik
Akuntan publik adalah akuntan independen yang secara independen atau kelopmpok memberikan jasa dalam bidang akuntansi bagi perusahaan atau organisasi bisnis dan non bisnis.
3. Akuntan pemerintah
Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintanh yang tugas utamanya adalah merencanakan.mengendalikan,dan memeriksa penggunaan uang atau kekayaan negara.
4. Akuntan pendidik
Akuntan pendidik adalah akuntan yang tugas utamanya mengembangkan dan mengajarkan akuntansi.

F.Etika Informasi Akuntan
1. Menghindari pelanggaran etika yang terlihat remeh.
2. Memusatkan perhatian pada reputasi jangka panjang.
3. Bersiap mengahadapi konsekuensi yang kurang baik bila berpegang pada perilaku etis.

G.Standar Akuntansi keuangan
Standar akuntansi keuangan merupakan himpunan,prinsip,dasar,metode,dan teknik akuntansi yang mengatur penyusunan laporan keuangan ,khususnya yang ditujukan kepada pihak luar seperti pemegang saham,kreditor,investor,dan bank.
Standar akuntansi senantiasa mengalami perbaikan dan penyempurnaan sesuia dengan kondisi mutakhir dari kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat.

Bab 8
Struktur dasar akuntansi
A. Penggolongan Trasnsaksi
Transsaksi adalah kejadian dalam kegiatan ekonomi yang dapat memengaruhi kekayaan perusahaan.
1. Transakis keuangan meunurut pihak yang melakukan.
a. Transaksi keuangan internal.
Transaksi keuangan internal adalah transaksi yang terjadi secar internal tanpa melibatkan pihak dai luar perusahaan .contohnya penetapan pemakaian perlengkapan dan penetapan jumlah piutang tak tertagih
b. Transaksi keuangan eksternal
Transaksi keuangan eksternal adalah transaksi yang dilakuan oleh perusahaan dengan pihak lain diluar perusahaan.contoh transaksi eksternal adalah pembelian peralatan.
2. Transaksi keuangan menurut sumber.
Transaksi keuangan menurut sumber adalah transaksi yang memengaruhi modal dan operasi perusahaan.macam –macam transaksi.
a. Transaksi modal
transaksi modal adalah transaksi yang memengaruhi modal pemilik perusahaan.
b. Transaksi usaha adalah transaksi yang ada kaitannya dengan operasi perusahaan.

B. Persamaan Dasar Akuntansi
 Menurut persamaan akuntansi harta aktiva selalu sama dengan kewajiabn ditambah modal.
H=M
 Karena konsep kesatuan usaha menghendaki pemisahan modal pemilik dari kekayaan atau harta perusahaan ,maka hubungan ketiga unsur persamaan akuntansi selanjutnya dinyatakan dalam: H= U + M
H= U + M – B Beban
H= U + M –B+ P pendapatan.
Jadi menurut persamaan akuntansi harta atau aktiva selalu sama denga kewajiban.

Penggolongan Perusahaan.
1. Menurut jenis pekerjaannya,
a. perusahaan jasa
b. perusahaan dagang.
c. Perusahaan pabrik/industri.
2. Menurut bentuk hukum.
a. perusahaan perorangan
b. persekutuan.
c. Perseorang terbatas.
d. Koperasi.
Konsep Dasar Akuntansi
a. konsep kesatuan usaha:informasi perusahaan dimana perusahaan hanya menginformasikan masalah keuangan perusahaan itu sendiri.keuangan perusahaan terpisah dari pemilik,keuangan,karyawan dan para direksi.
b. Berkesinambungan.
c. Pengukuran nilai uang.
d. Harga perolehan:jumlah uang yang dikeluarkan untuk memperoleh sebuah barang/jasa dan pertukaran sampai barang siap untuk digunakan.
e. Periode akuntansi/pelaporan akuntansi secara berkala.
f. Penetapan bebandan pendapat hanya diakui dalam periode yang bersangkutan.

Penggolongan Akun
 Akun adalah formulir tempat mencatat transaksi keuangan yang sejenis dan dapat mengubah komposisi harta kewajiban modal perusahaan.
 Akun dibedakan menjadi 2 yaitu:
a. Akun rill(akun tetap/neraca:harta,utang,kewajiban,modal)
b. Akun nominal(akun sementara/akun L/R:akun pendapatan)

Akun Harta/Aktiva
1. Harta lancar: berupa uang kas/bank/harta yang midah diuangkan/harta yang umur pemakaiannya kurang dari satu tahun.contoh kas,surat berharga,wesel,piutang,dll.
2. Harta tetap: harta berwujud yang digunakan dalam kegiatan perusahaan dan mempunyai unsur ekonomis lebih dari satu tahun.contoh:tanah,gedung,mesin kendaraan,peralatan.
3. Harta tak berwujud.harta yang tak berwujud fisik tapi punya nilai uang.contoh hak paten,hak cipta,goodwill.

Akun Kewajiban
Akun kewajiban adalah pengorbanan ekonomis yang harus dilakukan oleh perusahaan pada masa yang akan datang.
1. Utang lancar/utang jangka panjang.contohnya:wesel barang,utang usaha,beban,biaya yang masih harus dibayar,pendapatab diterima dimuka.
2. Utang jangka panjang.contoh:utang bank,utang hipotik,utang obligasi.

Akun Pendapatan Dan Beban
1. pendapatan usaha.
2. pendapatan diluar usaha
3. beban usaha
4. beban lain-lain.

*GOOD WORK*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s