kerajaan hindu budha diindonesia

B.Kerajaan mataram kuno
 Letak
kerajaan mataram terletak di jawa tengah dengan daerah pusatnya disebut bhumi mataram. Kerajaan Mataram didirikan pada abad ke VIII (8) di JawaTengah sebelah barat kota Magelang .Pada awalnya terletak di Jawa Tengah. Daerah Mataram dikelilingi oleh banyak pegunungan dan di tengahnya banyak mengalir sungai besar diantaranya sungai Progo, Bogowonto, Elo, dan Bengawan Solo. Keadaan tanahnya subur sehingga pertumbuhan penduduknya cukup pesat.

kerajaan mataram kuno terdiri dari dua macam:
yaitu dari dinasti sanjaya dan dinasti syailendra
A.dinasti sanjaya.
Dinasti Sanjaya yang bercorak Hindu didirikan oleh Sanjaya pada tahun 732M. dinasti Sanjaya didirikan oleh Raja Sanjaya/ Rakeyan Jamri / Prabu Harisdama, cicit Wretikandayun, raja kerajaan Galuh pertama.Sanjaya adalah penguasa Sunda, Galuh dan Kalingga/Kerajaan Mataram (Hindu).
 Raja-raja yang pernah memerintah pada dinasti sanjaya:
a.raja mataram sang ratu sanjaya
b.sri maharajá rakai pikatan
c.sri maharajá kayuyuwangi
d.sri maharajá wathumaleng
e.sri maharajá wathumalang
f.sri maharajá watukura diah balitung
g.sri maha raja daksa
h.sri maharaja rakai wawa
 Sumber sejarah(peninggalan sejarah berupa prasasti)
a).Prasasti canggal (732 M)Prasasti Canggal ditemukan di halaman Candi Gunung Wukir di desa Canggal berangka tahun 732 M dalam bentuk Candrasangkala.
Prasasti Canggal menggunakan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta isinya menceritakan tentang pendirian Lingga (lambang Syiwa) di desa Kunjarakunja oleh Raja Sanjayadan di samping itu juga diceritakan bahwa yang menjadi raja mula-mula Sanna kemudian digantikan oleh Sanjaya anak Sannaha (saudara perempuan Sanna).
b).Prasasti balitung(907 M )prasasti ini adalah prasati tembaga yang dikeluarkan oleh raja diah balitung.balitung mengeluarkan prasasti ini sehubungan dengan pemberian hadiah tanah kepada lima orang patihnya di mantyasih,karena kelima orang itu patihnya berjasa besar terhadap kerajaan
c)Kitab cerita parahyangan:kitab ini menceritakan tentang ikhwal raja-raja sanjaya
Peninggalan berupa candi
a).Candi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang yang terletak di Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi oleh salah seorang dari kedua orang ini, yakni: Rakai Pikatan, raja kedua dinasti Mataram I atau Balitung Maha Sambu, semasa dinasti Sanjaya.Pada masa ini, ditulis karya sastra Ramayana dalam Bahasa Kawi.
B.dinasti syailendra
Dinasti Syailendra yang bercorak Buddha Mahayana didirikan oleh Bhanu pada tahun 752M.Dinasti Syailendra diduga berasal dari daratan Indocina (sekarang Thailand dan Kamboja). Pada awal era Mataram Kuno, Dinasti Syailendra cukup dominan dibanding Dinasti Sanjaya.
Raja-raja yang pernah memerintah:
a).raja banu(752-775M) 3
b).raja wisnu(775-782M)
c).raja indra(782-812M)
d).raja samaratongga(812-856M)
e).raja balaputra dewa(833-856M)
f.).ratu pramodhawardani(856M)
sumber sejarah berupa prasasti:
a)Prasasti Kalasan
ditemukan di desa Kalasan Yogyakarta berangka tahun 778 M, ditulis dalam huruf Pranagari (India Utara) dan bahasa Sansekerta. Isinya menceritakan pendirian bangunan suci untuk dewi Tara dan biara untuk pendeta oleh raja Panangkaran atas permintaan keluarga Syaelendra dan Panangkaran juga menghadiahkan desa Kalasan untuk para Sanggha (umat Budha
b)Prasasti Mantyasih
ditemukan di Mantyasih Kedu, Jateng berangka tahun 907 M yang menggunakan bahasa Jawa Kuno. Isi dari prasasti tersebut adalah daftar silsilah raja-raja Mataram yang mendahului Bality yaitu Raja Sanjaya, Rakai Panangkaran, Rakai Panunggalan, Rakai Warak, Rakai Garung, Rakai Pikatan, Rakai Kayuwangi, Rakai Watuhumalang, dan Rakai Watukura Dyah Balitung. Untuk itu prasasti Mantyasih/Kedu ini juga disebut dengan prasasti Belitung.
c)Prasasti Klurak
ditemukan di desa Prambanan berangka tahun 782 M ditulis dalam huruf Pranagari dan bahasa Sansekerta .isinya menceritakan pembuatan arca Manjusri oleh Raja Indra yang bergelar Sri Sanggramadananjaya.
d).Prasasti ratu boko (856 M)
prasasti ini menyebutkan kekalahan raja balaputra dewa dalam perang saudaran melawan kakanya pramodhawardani dan selanjutnya melarikan diri ke sriwijaya.
e).Prasasti nalanda(860 M)
prasasti ini menyebutkan tentang Nama-Nama Raja Mataram Pada Dinasti Syailendra dan Sanjaya.
Sumber sejarah berupa prasati dan candi

B.Kerajaan medang kamulan
 Letaknya: Berdasarkan penemuan beberapa prasasti, dapat diketahui bahwa Kerajaan Medang Kamulan terletak di Jawa Timur, yaitu di muara sungai Brantas.ibu kotanya bernama Watan Mas.

 Raja-raja yang pernah memrintah:
 Raja mpu sindok
 Raja dharmawangsa
 Raja airlangga

 Sumber Sejarah
 Berita asing
Berita India mengatakan bahwa Kerajaan Sriwijaya menjalin hubungan persahabatan
dengan Kerajaan Chola. Hubungan ini bertujuan untuk membendung dan menghalangi
kemajuan Kerajaan Medang Kamulan pada masa pemerintahan Raja Dharmawangsa.
Berita Cina berasal dari catatan-catatan yang ditulis pada zaman
Dinasti Sung. Catatan-catatan Kerajaan Sung itu menyatakan bahwa antara
kerajaan yang berada di Jawa dan Kerajaan Sriwijaya sedang terjadi permusuhan
dan pertikaian, sehingga ketika Duta Sriwijaya pulang dari Negeri Cina (tahun
990 M), terpaksa harus tinggal dulu di Campa sampai peperangan itu reda. Pada
tahun 992 M, pasukan dari Jawa telah meninggalkan Sriwijaya dan pada saat itu
Kerajaan Medang Kamulan dapat memajukan pelayaran dan perdagangan.
 Berita prasasti
Beberapa prasasti yang mengungkapkan medang kamulan:
a.Prasasti dari empu sindok.dari desa tangeran(derah jombang) tahun 933 M menyatakan bahwa raja mpu sindok memerintah bersama permaisurinya sri wardhani pu kbin
b.Prasasti mpu sindok dari daerah bangil mengatakan bahwa raja mpu sindok memerintahkan pembuatan candi sebagai tempat pendharmaan ayahnya dari permaisurinya uyang bernama rakyran bawang.
c.Prasasti mpu sindok dari lor(dekat nganjuk) tahun 939 M menyatakan bahwa raja mpu sindok memerintahkan pembuatan candi yang bernama jayamrata dan jayastambho (tugu kmenangan)di desa anyok lodang
d.Prasasti calcuta,prasasti dari raja airlangga yang menyebutkan sisilah keturunan dari raja mpu sindok.

4
C.Kerajaan kediri
 Letaknya: Letak kerajaan Kadiri (Kediri) / Panjalu diperkirakan berada di sebelah timur sungai Brantas (diperkirakan berada di kota Kediri yang sekarang).pada masa pemerintahan raja airlangga,wilayah kekuasaanya dibagi menjadi dua,untuk menghindari terjadinya peang saudara.maka munculnya kerajaan kediri dengan ibu kota daha dan kerajaan jenggala dengan ibu kota kahuripan.

Raja-raja yang pernah memerintah
 Raja jayawarsa
 Raja bameswara
 Raja jayabaya
 Raja saweswara dan aryeswara
 Raja gandra
 Raja kameswara
 Raja kertajaya
Sumber-sumber Prasasti
Prasasti-prasasti menjelaskan kerajaan Kediri antara lain yaitu:
a. Prasasti Banjaran berangka tahun 1052 M menjelaskan kemenangan Panjalu atas Jenggala.
b. Prasasti Hantang berangka tahun 1052 M menjelaskan Panjalu pada masa Jayabaya.
c. Prasasti sirah kettin(1104 M) yang memuat tentang pemberian hadiah tanah kepada rakyat desa oleh raja jayawarsa
d. Prasasti yang ditemukan ditulungagung dan kertosono berisi masalah keagamaan,diperkirakan berasal dari raja bameswara(1117-1130 M)
e. Prasasti ngantang (1135 M) yang menyebutkan tentang raja jayabaya yang memberikan hadiah kepada rakyat desa ngantang sebidang tanah yang bebas dari pajak.
f. Prasasti jaring(1181 M) dari raja gandara yang memuat tentang sejumlah nama-nama hewan seperti kebo waruga dan tikus jinada.
g. Prasasti kamulan(1194) yang menyatakan bahwa pada mas pemerintahan raja kertajaya kerajaan kediri telah berhasil mengalahkan musuh yang telah memusuhi istana di katang-katang.
h. Berita asing
Berita asing tentang kerajaan kediri sebagian besar diperoleh dari berita cina,yang merupakan kumpulan cerita dari pedagang cina yang melakukan kegiatam perdagangan dikerajaan kediri.seperti kronik cina bernama chu fan chi karangan chu ju kua(1220 M).buku ini banyak mengambil cerita dari buku ling wai tai ta(1778M) karangan chu ik fei.kedua buku ini menerangkan kerajaan kediri pada abad ke 12 dan ke- 13M.
Hasil karya sastra tersebut adalah kitab Kakawin Bharatayudha yang ditulis Mpu Sedah dan Mpu Panuluh yang menceritakan tentang kemenangan Kediri/Panjalu atas Jenggala.

Arca Wishnu, berasal dari
Kerajaan kadiri abd 12
dan ke-13 M

5

D.Kerajaan singasari
 Letak: Kerajaan Singhasari atau sering pula ditulis Singasari atau Singosari, adalah sebuah kerajaan di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222M. Lokasi kerajaan ini sekarang diperkirakan berada di daerah Singosari, Malang.letaknya didaerah pegunungan yang subur diwilayah malang dengan Pelabuhannya bernama pasuruan

 Raja yang pernah memerintah
 Raja ken arok(1222-1227 M)
 Raja anusapati(1227-1248 M)
 Raja tohjaya(1248M)
 Raja wisnuwadhana(1248-1268 M)
 Raja kertanegara(1268-1292)
 Sumber sejarah
Prasasti Mula Malurung
Penemuan prasasti Mula Malurung memberikan pandangan lain yang berbeda dengan versi Pararaton yang selama ini dikenal mengenai sejarah Tumapel.Kerajaan Tumapel disebutkan didirikan oleh Rajasa yang dijuluki “Bhatara Siwa”, setelah menaklukkan Kadiri. Sepeninggalnya, kerajaan terpecah menjadi dua, Tumapel dipimpin Anusapati sedangkan Kadiri dipimpin Bhatara Parameswara (alias Mahisa Wonga Teleng). Parameswara digantikan oleh Guningbhaya, kemudian Tohjaya. Sementara itu, Anusapati digantikan oleh Seminingrat yang bergelar Wisnuwardhana. Prasasti Mula Malurung juga menyebutkan bahwa sepeninggal Tohjaya, Kerajaan Tumapel dan Kadiri dipersatukan kembali oleh Seminingrat. Kadiri kemudian menjadi kerajaan bawahan yang dipimpin oleh putranya, yaitu Kertanagara.
Kitab paraton,menceritakan tentang raja-raja singasari
Kitab Negara kertagama,berisi sisilah raja majapahit yang memiliki hubungan erat denga raja-raja singasari.
Prasasti sesudah tahun 1248 M
Berita-berita asing(berita cina),menyatakan bahwa kaisar khubilai khan (cina) mengirim pasukannya untuk menyerang kerajaan singasari
Peninggalan berupa candi:candi kidal,candi jago,dan candi singasari

Gambar.mandala Amoghapāśa dari masa Singhasari
(abad ke-13), perunggu, 22.5 x 14 cm. Koleksi Arca prajnaparamita ditemukan dekat Museum für Indische Kunst, Berlin-Dahlem, Jerman. Candi shingasari dipercaya
sebagai arca perwujudan kendedes (koleksi museum indonesia)keindahan araca ini
mencerminkan kehalusan seni budaya shingasari

6

Candi Singhasari dibangun sebagai arca dwarapala merupakan salah satu peninggalan kerajaan
tempat pemuliaan Kertanegara, raja shingasari
terakhir Singhasari.

Gambar.Candi jago
terletak di Malang, Jawa Timur, merupakan
peninggalan Kerajaan Singasari yang dibangun
untuk Raja Wisnuwardhana, raja Singasari, pad
a pertengahan abad ke-13.

Gambar. Candi kidal
Berlokasi di malang,jawa timur dibangun
untuk menghormati raja singasari yang sudah
meninggal

E.Kerajaan majapahit

gambar.peta wilayah
kekuasaan majapahit

 Letak: Kerajaan Majapahit adalah nama sebuah kerajaan Hindu di Jawa Timur. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya pada 1293M. Pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk (1350-1389M) yang didampingi oleh Patih Gadjah Mada (1331-1364M)

 Raja yang pernah memerintah:
Raden Wijaya : (1309M)
Jayanegara : (1309-1328M)
Tribhuwanatunggaldewi : (1328-1350M)
Hayam Wuruk : (1350-1389M)
Wikramawardhana : (1389-1429M)
Suhita : (1429-1447M)
Kertawijaya : (1447-1451M)
Rajasawardhana : (1451-1453M)
Bhre Wengker : (1456-1466M)
Singhawikramawardhana : (1466-1468M)
Kertabhumi : (1468-1478M)
Ranawijaya/Girindrawardhana : (1478-?)
Sumber sejarah
 Sumber-sumber sejarah yang menjelaskan tentang kerajaan Majapahit sebagian besar berupa kitab sastra yaitu seperti:
a. Kitab Pararaton, selain menceritakan tentang raja-raja Singosari juga menjelaskan tentang raja-raja Majapahit.
b. Kitab Negarakertagama yang ditulis Mpu Prapanca pada tahun 1365M menjelaskan tentang keadaan kota Majapahit, daerah Jajahannya dan perjalanan Hayam Wuruk mengelilingi daerah kekuasaannya.(ke jawa timur)
c. Kitab Sundayana menjelaskan tentang perang Bubat.
d. Kitab Usaha Jawa menjelaskan tentang penaklukan pulau Bali oleh Gajah Mada dan Arya Damar.
e. Kidung harsawijaya dan kidung panji wijayakrama.kedua kidung ini menceritakan Raden wijaya ketika menghadapi musuh dari kediri dan tahun-tahun awal perkembangan majapahit.
Sumber prasasti
Prasasti butak(1294 M) prasasti ini dikeluarkan oleh Raden wijaya setelah naik tahta.prasasti ini memuat peristiwa-peristiwa keruntuhan kerajaan singasari dan perjuangan radenwijaya untuk mendirikan kerajaan.
Prasasti Kudadu (1294 M)
Mengenai pengalaman Raden Wijaya sebelum menjadi Raja Majapahit yang telah ditolong oleh Rama Kudadu dari kejaran balatentara Yayakatwang setelah Raden Wijaya menjadi raja dan bergelar Krtajaya Jayawardhana Anantawikramottunggadewa, penduduk desa Kudadu dan Kepaa desanya (Rama) diberi hadiah tanah sima.
Prasasti Sukamerta (1296 M) dan Prasasti Balawi (1305 M)
Mengenai Raden Wijaya yang telah memperisteri keempat putri Kertanegara yaitu Sri
7
Paduka Parameswari Dyah Sri Tribhuwaneswari, Sri Paduka Mahadewi Dyah Dewi Narendraduhita, Sri Paduka Jayendradewi Dyah Dewi Prajnaparamita, dan Sri Paduka Rajapadmi Dyah Dewi Gayatri, serta menyebutkan anaknya dari permaisuri bernama Sri Jayanegara yang dijadikan raja muda di Daha.
Prasasti Wingun Pitu (1447 M)
Mengungkapkan bentuk pemerintahan dan sistem birokrasi Kerajaan Majapahit yang terdiri dari 14 kerajaan bawahan yang dipimpin oleh seseorang yang bergelar Bhre, yaitu Bhre Daha, Kahuripan, Pajang, Werngker, Wirabumi, Matahun, Tumapel, Jagaraga, Tanjungpura, Kembang Jenar, Kabalan, Singhapura, Keling, dan Kelinggapura.
Prasasti Wurare (1289 M)
Menyebutkan bahwa pada tanggal 21 September 1289 Sri Jnamasiwabajra, raja yang berhasil mempersatukan Janggala dan Panjalu, menahbiskan arca Mahaksobhya di Wurane. Gelar raja itu ialah Kertanagara setelah ditahbiskan sebagai Jina (dhyani Buddha).
Peniggalan berupa candi/arca

Gambar.
Candi panataran

.gambar. Candi Bajangratu, salah satu peninggalan Kerajaan Majapahi
gambar.Relief di Candi Panataran ini menceritakan seseorang yang dieksekusi dengan menggunakan keris.

Gambar.candi tikus tempat pemandian para raja

Gambar. Gapura Bajang Ratu, diduga kuat menjadi gerbang masuk keraton Majapahit. Bangunan ini masih tegak berdiri di kompleks Trowulan

F.Kerajaan bali
 letak:Kerajaan Bali terletak pada sebuah Pulau kecil yang tidak jauh dari daerah Jawa Timur. Dalam perkembangan sejarahnya, Bali mempunyai hubungan erat dengan Pulau Jawa. Karena letak pulau itu berdekatan, maka sejak zaman dulu mempunyai hubungan yang erat. Bahkan ketika Kerajaan Majapahit runtuh, banyak rakyat Majapahit yang melarikan diri dan menetap di sana. Sampai sekarang ada kepercayaan bahwa sebagian dari masyarakat Bali dianggap pewaris tradisi Majapahit.
 Raja-raja yang pernah memerintah:
Raja sri kesari warmadewa
Raja ugrasena
Raja tabanendra warmadewa
Raja jayasingha warmadewa
Sri maharaja sri sriwijaya mahadewi
Dharma udayana warmadewa
Raja marakata
Raja anak wungsu
Raja jaya sakti
Raja bedahulu
 Sumber sejarah
Prasasti sanur(839 C/917 M)merupakan salah satu prasasti yang ditemukan oleh para ahli.prasasti ini menunjukan adanya kekuasaan raja-raja dari wangsa atau dinasti darmaweda.
Prasasti calcuta,india(1042 M),pada prasasti ini disebutkan asal-usul raja airlangga,yaitu keturunan dari raja-raja bali,dinasti warmadewa.airlangga terlahir dari pernikahan raja udayana(kerajaan bali)dengan mahendrata(putri kerajaan medang kamulan adik raja dharmawangsa)

Gambar.
Candi gunung kawi
Candi gunung kawi merupakan makam dar raja-raja bali yang dibangun pada saat pemerintah raja anak wungsu.

8
G.Kerajaan pajajaran
 letak: Kerajaan Pajajaran adalah nama lain dari Kerajaan Sunda saat kerajaan ini beribukota di kota Pajajaran atau Pakuan Pajajaran (Bogor) di Jawa Barat.

 Raja yang pernah memerintah
Maharaja jabhupati
Rahyang niskala wastu kencana
Rahyang dewa niskala
Sri baduga maharaja
Hyang wuni sora
Ratu samian atau prabu surawisesa(1512-1521 M)
Prabu ratu dewata(1535-1545M)

 Sumber sejarah
 Prasasti rakryan juru pengambat (932 M)prasasti ini ditemukan dibogor dengan menggunakan bahasa jawa kuno bercampur dengan bahasa melayu.prasasti ini memuat pengembalian kekuasaan raja pajajaran(kemungkinan kerajaan pajajaran pernah dikuasai oleh kerajaan-kerajaan dijawa timur atau sriwijaya.
 Prasasti horen(berasal dari kerajaan majapahit) prasasti ini menyebutkan bahwa penduduk kampung horen sering tidak merasa gangguan musuh dari arah barat.musuh yang dimaksud mungkin kejajaran.
 Prasasti citarih(1030 M) prasasti ini dibuat atas perintah raja yang bernama maha raja jayabhupati,untuk memperingati bangunan sang hyang tapak,yaitu sebagai tanda tarima kasih raja terhadap pasukan pajajaran yang berhasil memenangkan perang melawan pasukan swarnabhumi
 Prasasti astanagade (dikawali ciamis)prasasti ini menyatakan tentang perpindahan pusat pemerintahan dari pakwan(pakuan) pajajaran ke kawali.
Cerita kitab
Kitab carita kudung sundayana kitab ini menceritakan kekalahan pasukan pajajaran dalam pertempuran di bubat(majapahit) dan tewasnya raja sri baduga beserta isinya.
Kitab cerita parahyangan kitab ini menceritakan bahwa pengganti raja sri baduga setelah berperang perang bubat bernama hyang wuni sora

9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s