Pengalaman Mencari Kerja Part 2

Lanjutan part 1..Bank Bukopin Syariah

Brhubng prginya ngedadak dn gk ada prsiapan…(hnya brmodl uang sckpnya +power banl+hp bsrta pket internet)…sesmpai di jkrt bngung mw kmn..soalnya udh jm 11 mlem…jd bngng mw ngehubungin siapa..jd akhirnya……tidur di stasiun.(untung gk diusir)…antra tidur n tidk..soalnya srg kbngung…bwt ngwsn brg2 sm Hp yg lg di charge…..jm mnunjkkn pkl 03.00 cri2 alf* buat bli roti…dn smpt bli kopi(kirain lgsg ada gulnya…jdinya kopi phit..intermezo)..lnjut lgi ktmu msjd trdkt…krna sblmnya blm mndi…jd ngesiastin mandi di mesjid…dn trnya di msjid ada tulisn “DILARANG MANDI”haha..brhbng tlisnnya cmn ada di toilet sblh..sy ke kmr mndi sblhnya lgi yg gk ada tlsn… dilarang..tpi tetp Mandi dng kondisi suara prcikan air seminiml mngkin…ba’da sbh krg lebih jm 6 an lgsg cau ktmpt loksi tes di daerah jkt sltn….alhamdulillah gk mcet…dn dtgnya kpagian..smpt survey buat cri mesjid trdkt buat gnti bju…nmunya toilet umum lgi..tpi lmynlah…akhirnya ikut tes jm 9 pgi..owh ya di Bank ini sy ngeapply staf audit intrnal..krena sya pikir bgin audit nggk sllu stay di kantr(pengen jln2 trus)..jdi sy jg mmprsiapkan mmpljri tehnik audit..bagi yg mau modulnya bisa hubungin sy.lanjut lagi…psikotes yg ikut klo gk slh 53 an org..dri brbgagai univ..ada yg dr yogya juga…wiih..mnteep…stlh psikotes dr jm 9 smpe jm set 1 an krg..istrht smpe jam 1..dn ngliat pngmmn..alhamdulillah lolos..psikotes..tpi blm sempet mkn siang..dn jam 1 nya lgsg psikotes lanjutan..dngn kondisi krg tidur dn blm mkn siang + dihadapkan dengan tes pauli..mmbuat serasa krg mksimal buat ikut psikotes lnjutn..dn akhirnya diumumin..jdwl interview psikolog..dn alhamdulillh gk kebagian mnggu ini.jd ada wktu buat istrht.pikir sya..hbs itu jm 8an mlem balik lg ke bdg..dn mlm jumatnya..dpt sms klo sy d sruh ikut intrview psikolog jumat jm 13.00..bru juga dtg k bdg..msa udh blik lgi..dn sehrusnya itu bkn jdwl sya..jd sy sms lgi ke nmr pihk bukopin mnta reschedule..krena org sblm sy jg mnta reschedule…+ kondisi badan lg drop…tp gk ada konfirmasi lgi dri pihk sananya…dan saat itu jga sy brpikir mngkin itu blm jd rezeki sy..yo wes…haha..tp anehnya bbrp mnggu kmdian dpet sms dr pihak banknya buat ikt psikotes lgi..pdh; sy udh llols dn tinggl mlnjutkn ke wwncra psikolog..stlh di konfrmsi lgi dn tidk ada jwbn akhrnya..bnr2 sudh tdk brhp…lgi..hehe..brhrp ke Allah sih.bkn ke mnusia..haha

Kemudian ikut Job FAIR ITB 28-30 Oktober 2016..di sana ngeapply bbrp prshaan..owh ya sblmnya..background sy dri keuangan syariah meskipun jrsn akuntnsi..jdi lebh ke lmbg keuangan syriah sbnrnya arahn industri krjanya..kyk bank, asurnsi,lkms..dll..lanjut lgi di krna pnglmn di JOB FAIR IPB ngeapply k bbrp Bank syriah nggk ada rspon dn cndrung di tolk..dri segi administrasi (mngkin spesfksi yg sy pnya blm mmnhi yg di pengnin bank)…jd sy jg ikut ngeapply untuk bgian accounting dan audit intrnal…. alsn lain trtrik ke audit intrnal..seorg audtr tdk hnya hrs phm tntg akuntansi (accounting) tp jg hrs phm tntg manajemen..jdi mnrt sy lbh mnrik…dn smpet kpikirn pengen ikut plthnnya kususnya buat ISO 9001:2015..(tapi mhl..jadi gk jdi..bljr sendiri dulu)…nah buat tmn2 yg mau ikt job fair,tiketnya mnding online atau cetk sndiri..soalnya brdsrkn pnglmn ngntri tiketny lama dn panjang kyk ngantri INDONESIAN IDOL…blm registrasinya..haha..+ list prshaan di cek jg..jd gk buang2 wktu.. di Job Fair ITB..mskin ke bbrp prshaan udh lupa apa…tp hri prtama (jumat) sempet ngeapply ke PT Wijaya Karya (prshaan BUMN)..klo wika beton kmren anak prshaannya..ngeapply dta disini bth wktu 1 jam an..ngntri buat inpt dtanya..lma sekali…dn lnjut lgi ke Mayora..prushaan gula..dn lainnya…smpt nglirik k prshaan P&G ya.klo produknya kyk downy..shampo panteen..dll..liat tmn2 dpt souvenir klo ngeapply disana..jd trtrik..lmyn..(niatnya gk benr nih..hehe)..lnjut lgi..besoknya bwt dftr ke P&G krna jumt gk smpet…+ siangnya ikut psikotes P&G (sktr jm 1 an)..dn wktu liat soalnya..”English Full”..yah di krjkn seadanya… dn tinggl nunggu pngmmn…stlh smnggu kmudian dpt panggilan email..dari Mayora test online…Wika (Job fair ITB), Bank Syariah Mandiri(Job fair IPB)..sama Paragon(Jobfair ITB)….dan bersambung ke cerita berikutnya…hehe..untuk yg mau soal psikotes sy puny refrensi..contact email aja…dri tes d bbrp prshaan..soalnya sama..kebruntungn juga sih..haha

Pengalaman Mencari Kerja Part 1

Assalamualaikum…stlh 5 thun gk update..akhirnya update lgi…ya mungkin sdkt berbagi tntg pnglmn mencri kerja. Berawal dari ikut jobfair pertama di POLBAN kalo gak salah bln agustus 2016… hbis ngeapply ke bbrpa prshaan dan bbrp hari kmdian dpt pnggilan ikut psikotes di PT Paragon…. dan setlh 1 jam di umumin hasilnya..” Anda Belum Beruntung”..melihat ada bbrpa temn yg lolos..jadi sdkit kcwa sama diri sndiri…mungkin prisapan yg blm mateng + kbruntungan blm menyertai saya …..selang smnggu kmdian dapet panggiln buat psikotes lagi dr PT Wika Beton..dan setlh dilihat2 dominan yg ikut psikotes bergender laki-laki…..ya mngkin karena prshaannya..prusahaan konstruksi jdi lbh di prioritasin utk pria yg ikut…dan seperti biasanya …zongggg” tidak lulus lagi”. Semenjak saat itu, sy mulai mgnmplkan bhn2 buat psikotes..trutama soal matemtika n gambr..dn trnyata klo udh thu sela2nya psikotes itu gk sussh..asal ada niat buat bljr..dri situ sembri ngeapply lewat web..jg smbri mnggu job fair lagi…wktu2 ksng sy mnfaatkan buat prsiapan lthn soal psikotes + mnglng mtri mengenai akntansi, audit, dn pjk..( sok rajin)..haha..gabut di kosan..stok film udh di tonton smua….hehe..sy pkir mngkin bkl brguna nntinya..

Stlh bbrpa lama..pasca wisuda (bln sept 2016) sy ikut jobfair diunikom..(soalnya gratiiisssssssss)..dn alhamdulillah dpet pnggiln dri Dialogue Group (rabu, 24 Oktober)..prusahaan Garmen di Lw.Gajah (pusatnya).owh ya sblmnya prnh ikt tes online dri danone dn hslnya “NiHill”lnjut lgi…sbnrnya ps di telp diundang buat psikotes sya jg lpa pernah ngeapply ksitu..makanya agak smpet rgu mw dteng atau gk..n akhirnya dteng k sna..stlh ikut psikotes akhirnya sy lulus..dr sktr 15 org yg ikut psikotes..kmudian dilnjut ke wwncr HRD…nah di psikotes jga ad kyk self assessment(pnilaian diri sendiri)…buat bhn prtmbngn prushaan..selain juga ada tes Pauli…(tes koran)…wktu wwncara HRD..ya ditnya tntang seputr CV..mta kuliah apa aj yg diambil..sama sy di twrin brsedia di tmptin di bgian Account Receivable (penjdwln jtuh tempo plnggan gitulah)…ya..sy blg siap2 aja…stlh itu ktnya prngmmn yg lols bkl diumumin 2 mnggu lgi..dan krena sya naik angkotnya blm di prsiapin rute2nya (transportasi yg murh..brhubng gk ada mtr)..mkanya smpet nyasar..bbrpa kli naik angkot..untungnya liat angkot cimahi stasiun…krena sy pikir angkot dr stasiun lgsg nympe k dkt kosan…

Sewktu dijln..iseng liat HP..dan dpet 2 sms..owh ya sdkt flashback sblmnya sy ikut JobFair IPB(22-23 Oktober)..dan dftr di bbrp prshaan..BRI syriah, Bukopin sy..BNI Sy..sma BSM..lbh dri 10 pokoknya..lanjut lgi…stlh dpet 2 sms..sms prtm dr PT Prgon lgi utk ikt tes di IPB..sma stu lgi undgn dri Bank Syariah Bukopin di Jkt Selatan..di hri yg sama…brhubung Paragon udh trauma (haha…pnglmn ggl)..mka wktu liat jdwl tesnya itu jam 9..besoknya…krna kbtln naik angkot stasiun..dg kondisi hujan lbat..nympe stasiun lgsg bli tiket kreta api…kbruntungan yg bsa pas..iseng milih angkot..mlh lgsg bisa kestasiun…sktr jm 5an sore nympe stasiun..lgsg pesen tiket buat jam 7an atau jm set 8an malem hri itu jga(agk2 lupa)..stlh dpet izin dri ortu..lgsg plg kekosan..naik angkot..nympe kosn set 6..ps nympe lngsg nyiapin bju buat tes..sm prlngkapan lainnya…n habis sholt mgrib..(kondisi msh hjn)..bnggung gk ada angkot ke stasiun..n pasti mcet…diputuskn naik gojek…dn gojek..pd ngecancel smua..krne kondisi lg hjn kyaknya…ngeliat jam udh pukul 6.25(set 7 mlem)..akhrinya ada gjek yg nrima…lgsg smpe d stsiun..dn msh smpet isya…+ktmu pak edman jg yg mw ke srbya…dosen kece…hehe..langsung cau ke jkrta malm itu jga… bersambung ke cerita berikutnya…

Geografi

A.KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP BERDASARKAN KRITERIA TERTENTU(BIOFISIK,SOSIAL-EKONOMI,DAN BUDAYA)
1. Penggertian lingkungan hidup dan komponennya.
Lingkungan hidup diartikan sebagai keseluruhan unsur atau komponen,maka tentu saja setiap lingkungaan hidup dibedakan menjadi lingkungan fisik dan lingkungan sosial.
Komponen lingkungan hidup dibedakan menjadi 2 yaitu komponen benda-benda hidup(biotik),contohnya manusia,hewan dan tumbuhan.komponen benda-benda mati (abiotik) contohnya udara, tanah, air.baik komponen biotik maupun abiotik membentuk suatu kesatuan atau tatanan yang disebut ekosistem,sehingga lingkungan hidup sering disebut juga dengan ekosistem.
Selain itu terdapat juga lingkungan social.lingkungan sosial itu sendiri adalah lingkungan abiotik dan biotik saling berinteraksi.contohnya adat istiadat.
2. Kriteria hokum-hukum yang berlaku dalam suatu lingkungan.
Setiap lingkungan hidup diatur oleh suatu hukum alam secara otomatis.maksudnya jika salah satu komponen mengalami kerusakan,akan menyebabkan kerusakan pada komponen komponen yang lain,karena dalam suatu lingkungan hidup ada yang disebut dengan kaidah satu sama lain.

Dari gambar di atas jelaslah apa yang dimaksud rantai makanan dalam suatu lingkungan. Pada dasarnya tiap-tiap komponen dalam ling kungan hidup dapat dikatakan sebagai satu untuk yang lain, yang dalam hal ini digambarkan bahwa binatang mati, busuk, diserap ta nah, menjadi pupuk bagi tumbuhnya rumput, rumput dimakan kambing, kam bing dimakan harimau, dan seterusnya.
Rantai makanan adalah suatu proses rangkaian makanan dan dimakan dengan urutan tertentu yang ditunjukan dalam satu daerah.
Dari uraian diatas maka diperoleh beberapa hukum.kaidah dari lingkungan hidup misalnya:
a. Suatu lingkungan memilik keteraturan secara ilmiah.
b. Suatu lingkungan mempunyai kemampuan tersendiri dalam keadaan masih berimbang.
c. Unsur-unsur dalam suatu lingkungan hidup berinteraksi satu sama lain secara ilmiah.
d. Interaksi dalam komponen suatu lingkungan dilakukan oleh masing-masing unsur.
e. Dalam batas tertentu terjadi perubahan susunan komponen.

Terdapat juga faktor lain dari suatu lingkungan hidup yaitu:
a. jenis dan jumlah masing-masing unsur lingkunga hidup.
b. Hubungan atau interaksi dalam lingkungan hidup.
c. Kelakuan atau kondisi unsur lingkungan hidup.
d. Faktor non material,antar lain kondisi suhu,cahaya dan kebisingan.
e. Keadaan fisik akan berpengaruh terhadap ekonomi.

3. Pemanfaatan lingkungan hidup
Lingkungan hidup yang serasi dan seimbang sangat diperlukan karena merupakan unsur penentu kehidupan suatu bangsa.indonesia sebagai suatu negara wajib menjaga dan melesatrikan lingkungan hidup untuk dimanfaatkan dalam memenuhi kepentingan bersama bagi generasi kini dan mendatang.Apabila lingkungan hidup kita baik maka pembangunan yang sedang dilaksanakan pemerintah pun berjalan lancar.
Pembangunan yang dilaksanakan diindonesia adalah pembangunan yang berwawasan lingkungan walaupun pada kenyataannya lingkungan hidup indonesia masih memprihatikan.
Setiap pemanfaatan lingkungan hidup harus bertujuan sebagai:
a. Tercapainya keselarasan,keserasian,dan keseimbangan antar manusia dan lingkungan hidup.
b. Terwujudnya manusia indonesia sebagai insan lingkungan hidup yang memiliki sikap dan tindakan melindungi serta membina lingkungan hidup.
c. Terjaminnya kepentingan generasi masa kini dan mendatang.
d. Tercapainya kelestarian fungsi lingkungan hidup.
Beberapa pemannfaatan lingkungan hidup adalah sebagai berikut:
a. Diperguankan untuk memnuhi kebutuhan hidup manusia.
b. Digunakann untuk industri.
c. Digunakan pemerintah sebagai konversi agar lingkungan hidup tetap terjaga.
d. Digunakan sebagai bahan kajian,penelitian,dan pengembangan oleh pihak-pihak terkait.

Pembangunan yang dilakukan oleh setiap negara ternyata dapat meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Sejalan dengan itu eksploitasi sumber daya alam semakin meningkat. Akibatnya persediaan sumber daya alam makin terkuras dan pencemaran lingkungan semakin meningkat. Hal ini terjadi tidak hanya pada nega ra maju, tetapi juga terjadi pada negara
berkembang, termasuk Indonesia. Negara maju masih meneruskan pola hidupnya yang mewah dan boros. Jumlah industri, ken daraan bermotor, dan konsumsi energi terus meningkat dalam memenuhi kebutuhan kehidupan mereka. Sementara negara berkembang berusaha keluar dari kemiskinannya melalui peningkatan pembangunan. Untuk itu, eksploitasi sumber daya alam dilakukan, baik untuk kebutuhan dalam negeri, maupun untuk ekspor. Eksploitasi sumber daya alam yang terus-menerus dan kurangnya kesadaran terhadap lingkungan menyebabkan bencana lingkungan yang terjadi di berbagai bagian bumi makin beragam. Keberadaan industri dalam bentuk pabrik-pabrik atau teknologi lainnya
Pada dasarnya muncul karena tersedianya unsur alam yang memerlukan proses lebih lanjut sehingga memiliki nilai tambah. Unsur lingkungan alam inilah yang disebut bahan baku atau bahan mentah, atau mungkin bahan setengah jadi. Industrialisasi baik itu industri besar, menengah, kecil, dan rumah tangga adalah proses pengolahan bahan mentah atau bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi. Luaran atau hasil yang berupa barang jadi itu menjadi jelas kegunaan dan harganya menjadi meningkat. Usaha inilah yang menjadikan diperoleh keuntungan yang besar. Usaha industrialisasi ini, membutuhkan tenaga kerja yang banyak sehingga memerlukan seleksi kemampuan. Dalam penyerapan tenaga kerja ini sangat penting bagi penduduk. Industrialisasi ini terjadi karena adanya persediaan bahan mentah yang belum jelas nilainya kemudian diolah atau diproses menggunakan mesin pabrik atau peralatan lainnya.
Datanglah ke perpustakaan dan carilah buku atau artikel-artikel dari surat kabar atau majalah yang berisi tentang masalah lingkungan hidup untuk menambah wawasan konsep lingkungan hidup!
Berbagai gangguan lingkungan yang mengancam kehidupan tersebut menarik perhatian para ahli. The Club of Rome dalam penelitiannya berhasil menemukan adanya lima faktor yang saling berkaitan dan berkembang secara eksponensial yang menyebabkan rusaknya lingkungan. Kelima factor tersebut adalah pertumbuhan penduduk, peningkatan produksi pertanian, pengembangan industri, pencemaran lingkungan, dan konsumsi sumbersumber alam yang tidak dapat diperbarui makin meningkat. Bila kelima faktor tersebut tidak diperhatikan, tidak dikelola dengan baik, dan tidak segera diatasi permasalahan yang timbul maka diperkirakan pada tahun 2100 mendatang manusia akan dihadapkan dengan kehancuran bumi tempat tinggalnya. Hal tersebut akan diawali dengan munculnya berbagai bencana yang mengganggu kehidupan manusia.
Studi Amdal Sangat Diperlukan
Proyek pembangunan apapun bentuknya diharapkan mempunyai dampak positif bagi negara. Bagi negara tentunya berupa keuntungan berupa pemasukan pajak, atau menambah peningkatan ekonomi yang lain.
Bagi manusia adalah diperolehnya keuntungan ekonomis ataupun psikologis akibat kehadiran pembangunan sumber daya buatan tersebut. Untuk mengetahui sejauh mana proyek itu akan memberi dampak positif, dalam arti memberikan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan dengan negatifnya maka diperlukan studi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Studi ini dimaksudkan untuk meneliti sejauh mana keuntungan yang akan diperoleh bagi masyarakat dan dampak negatif apakah yang mungkin ditimbulkannya. Misalnya bila pembangunan itu menghasilkan limbah, limbah tersebut dapat membahayakan lingkungan atau tidak. Artinya apakah limbah itu akan mencemari air, tanah, atau udara di sekitarnya. Studi AMDAL ini penting untuk disetujui atau tidaknya proyek bangunan tersebut. Bila keuntungannya sangat besar dan sedikit dampak negatifnya, artinya dampak negatif itu dapat ditekan sekecil kecilnya maka proyek itu kemungkinan besar dapat disetujui untuk diwujudkan. Bila sekitarnya membahayakan maka kemungkinan ditolak.

B. KETERBATASAN EKOLOGIS DALAM PEMBANGUNAN DAN UPAYA MENGATASINYA.
Meningkatnya jumlah penduduk bumi menyebabkan peningkatan ber bagai kebutuhan, mulai dari pangan, sandang, maupun pemukiman. Dibutuhkan pula sumber daya alam lainnya seperti tanah, air, energi, mineral, dan lainnya yang diambil dari persediaan sumber daya alam di bumi. Semula kehidupan manusia di bumi di kuasai oleh alam, namun dengan munculnya etika Ba rat lahirlah sistem nilai yang hakikatnya memandang bahwa manusialah yang menguasai dan menjadi pusat (antroposentris). Dalam sistem nilai seperti ini lahirlah anggap an bahwa apa yang ada di bumi ini adalah untuk manusia. Di samping kebutuhan tersebut maka pada manusia terdapat keinginan-keinginan agar kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi. Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan untuk kepentingan manusia menyebabkan menipisnya perse diaan sumber daya alam, bahkan sisa-sisa pengolahan berbagai barang akhirnya menimbulkan bencana bagi kehidupan manusia. Beberapa contoh mengenai terjadinya bencana lingkungan akibat pencemaran dan lainnya adalah sebagai berikut.
1. Pencemaran limbah industri dan rumah tangga me nyebabkan pencemaran air tanah dan air permukaan. Hujan asam di berbagai kota di Indonesia menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, kerusak an, dan kematian tanaman pertanian serta kerusakan hutan.
2. Pencemaran yang disebabkan kecelakaan, mi salnya bocornya pabrik pestisida di Bhopal (India) dan kecelakaan pusat listrik tenaga nuklir di Cher nobyl (Rusia) telah menimbulkan banyak kerugian.
3. Terjadinya erosi dan banjir di berbagai bagian bumi, seperti di India, Indonesia, dan Cina.
4. Terganggunya udara di kota London dan Los Angeles karena udara tercemar oleh asap berbagai industri sehingga mengganggu kesehatan penduduk.
5. Malapetaka yang terjadi di Ethiopia (Afrika) 1980, yakni kegagalan panen akibat kekeringan yang menyebabkan kelaparan dan kematian, berawal dari pertumbuhan penduduk yang tinggi, penggundulan hutan, erosi tanah yang meluas, dan kurangnya dukungan terhadap program pertanian. Pembangunan yang dilakukan oleh setiap negara nampaknya dapat meningkatkan kesejahteraan penduduknya. Sejalan dengan itu eksploitasi sumber daya alam semakin meningkat. Akibatnya persediaan sumber daya alam makin terkuras dan pencemaran lingkungan makin meningkat. Hal ini terjadi tidak hanya pada nega ra maju, tetapi juga terjadi pada negara berkembang, termasuk Indonesia. Negara maju masih meneruskan pola hidupnya yang mewah dan boros. Jumlah industri, ken daraan bermotor, dan konsumsi energi terus meningkat dalam memenuhi kebutuhan kehidupan mereka. Sementara negara berkembang berusaha keluar dari kemiskinannya melalui peningkatan pembangunan. Untuk itu, eksploitasi sumber daya alam dilakukan, baik untuk kebutuhan dalam negeri, maupun untuk ekspor.

C. JARINGAN INTERAKSI UNSUR-UNSUR LINGKUNGAN HIDUP(SOSIO-BIOFISIKAL)

a. Interaksi dan Rentetan Permasalahan yang Rumit
Dunia dewasa ini menghadapi suatu rentetan permasalahan yang sangat rumit, seperti penyediaan pangan dunia, pengangguran, hambatan dalam pengembangan industri, pengadaan energi dan bahan baku, pengem bangan sumber daya alam, kesempatan pendidikan, per kembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak terkendali, keserakahan perusahaan multinasional dalam mencari kekayaan alam, dan akhir-akhir ini permasalah an pencemaran lingkungan hidup. Keseluruhan permasalahan tersebut saling berkaitan dan apabila direnungkan lebih dalam, pada hakikatnya bersumber pada rangkaian dari lima permasalahan pokok, yaitu:
1) Pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam yang semakin terbatas.
2) Dinamika kependudukan, di mana sejak abad 18, grafik kenaikan penduduk dunia sangat tajam.
3) Pertumbuhan ekonomi yang tidak merata.
4) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang apa bila tidak dilandasi oleh moral, akan me ngancam kese rasian kehidupan di dunia.
5) Lingkungan hidup yang semakin jelek.
Apabila penanganan permasalahan pokok dunia tidak tepat, akan saling berbenturan dan pada akhirnya akan bermuara pada perselisihan, permusuhan, perebutan, dan terjadi kerusakan lingkungan hidup. Keterkaitan antara keempat faktor ini dan keterkaitannya dengan ling kungan hidup semakin erat sehingga setiap permasalahan harus dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan dan sebagai permasalahan bersama. Untuk lebih jelasnya lihat bagan berikut ini!

Dihadapkan pada rangkaian permasalahan yang saling berkaitan. Rangkaian pokok permasalahan dalam lingkungan hidup, yaitu sebagai berikut.
1. Pengembangan dan pemanfaatan daya alam yang semakin terbatas.
2. Grafik kenaikan penduduk dunia sejak permulaan abad ke-18 yang meningkat tajam.
3. Pertumbuhan ekonomi tidak merata.
4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dilandasi oleh moral akan mengancam keserasian kehidupan di dunia.
Permasalahan-permasalahan tersebut apabila penanganannya tidak tepat akan saling berbenturan dan menimbulkan kerusakan lingkungan hidup. Keterkaitan keempat faktor tersebut dan keterkaitannya dengan lingkungan hidup sedemikian erat sehingga setiap permasalahan harus dilihat secara bulat sebagai kesatuan permasalahan manusia.Berbagai permasalahan di dunia dalam hubungan penduduk, ekonomi, sumber daya alam, iptek, dan lingkungan hidup membentuk suatu hubungan yang mempengaruhi sebagai berikut.

D. PEMBANGUNAN HARUS BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BERKELANJUTAN
Walaupun pembangunan kita perlukanuntuk mengatasi banyak masalah,termasuk masalah lingkungan,namun pengalaman menunjukkan,pembangunan dapat menimbulkan dampak negatif.beberapa contoh dampak negatif dari pembangunan antara lain:
1. Banyak pembangunan pengembangan sumber daya air telah menimbulkan masalah kesehatan.
2. pencemaran udara oleh mobil yang banyak terdapat di kota besar seperti,jakarta,bogor,bandung,surabaya dan medan.
3. pencemaran oleh limbah industri makin banyak diberikan di banyak daerah.

E. PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN MEMBAWA PERUBAHAN.
Pembangunan akan selalu membawa perubahan.sudah barang tentu perubahan yan diharapkan adalah perubahan yang diharapkan adalah perubahan yang baik menurut ukuran manusia.
Usaha lain untuk meningkatkan tingkat produksi adalah dengan cara kombinasi antara satu dengan beberapa macam cara ,misalnya pengairan,pemupukan,pengendalian hama,penyakit dan gulma.
Pada mulanya kualitas lingkungan hidup ada pada tingkat yang rendah,yaitu:
1. Pada kondisi rendah(a) ini terdapat penyakit DB,kurang pangan dan sarana pendidikan yang rendah.
2. Suatu intervebsi dilakuakn untuk memberantas DB dan tejadilah suatu keseimbangan baru pada tingkat kualitas (b)
3. Intervensi untuk menaikkan produksi bahan makanan membawa keseimbangan lingkungan keseimbangan baru yang terletak pada kuallitas tingkat (c).
4. Pada kondisi selanjutnya dilakukan intervensi untuk menambah sarana pendidikan dan kondisi lingkungan dinaikkan ketingkat(d).
5. Kualitas lingkungan hidup disiusahakan untuk terus meningkat dengan kecendrungan seperti ditunjukkan garis (e).

F. INDONESIA ERA GLOBALISASI
Globalisasi adalah suatu proses penyebaran hal-hal baru,khusunya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik.
Contoh globalisai adalah koran,majalah,radio,tv,internet ,dll.
1. Berbagai Saluran proses Globalisai
a. Lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan serta lembaga keagamaan.
b. Lembaga perniagaan dan industri internasional.
c. Saluran komunikasi,telekomunikasi international,dan turisme.
d. Lembaga internasional yang mengatur pertauran internasional.
e. Lembaga kenegaraan yang mengatur hubungan diplomatik.
2. Masyarakat yang menerima arus Glibalisasi adalah sebagai berikut:
a. Generasi muda.
b. Status sosialnya yang sudah mapan.
c. Orang kota.
3. Mayarakat yang menolak arus Globalisasi adalah sebagai berikut:
a. generasi tua.
b. Status sosila yang mapan dan belum siap menerima perubahan.
c. Masyarakat tertinggal yang berbeda didaerah terasing.
4. Unsur-unsur yang mudah diterima masyarakat adlalah sebagai berikut:
a. unsur globalisasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat.
b. Teknologi tepat guna.
c. Pendidikan formal.
5. Unsur-unsur yang sukar diterima masyarakat adalah sebagai berikut:
a. unsur budaya yang sukar disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masyarakat.
b. Teknologi yang rumit dan mahal harganya.
c. Unsur budaya luar yang menyangkut paham ideologi politik dan keagamaan.
6. Dampak dari globalsasi.
1. Positif.
a. Masyarakat berwawasan semakin luas.
b. Masyarakat mengenal berbagai macam kebudayaan dari luar negeri.
c. Dapat mengembangkan kebudayaan.
d. Masyarakat bersifat kritis.
e. Memperkaya unsur kebudayaan indonesia.

2. Negatif.
a. Goncangan budaya bangsa
b. Ketimpangan budaya.
c. Memperkecil unsur kebudayaan asli indonesia.
d. Bersifat konsumerisme.

GOOD WORK.

ekonomi

BAB7
Akuntansi dan sistem Informasi
A.Akuntansi Dan Sistem Informasi
Akuntansi adalah proses pengidentifikasian,pengukuran dan pelaopran informasi,yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh mereka yang menggunakan informasi keuangan tersebut.
Terdapat 3 kesimpulan dari pengertian diatas:
a. Masukan(input)akuntasi sebagai sistem informasi adalah informasi ekonomi dari kegiatan organisasi atau perusahaan.
b. Masukan tersebut dioalh melaluli proses identifikasi,pengukuran,dan pelaporan yang menghasilkan keluaran yang berupa informasi atau laporan keuangan.
c. Keluaran tersebut digunakan sebagai penunjang pengambilan keputusan bisnis oleh pemakai informasi tersebut.
Karena itulah akuntansi disebut sebagai bahasa bisnis.
B.Kualitas Informasi Akuntansi
a. Perbandingan antara manfaat dan biaya.
Pertimbangan utamanya adalah bahwa manfaat laporan akuntansi paling tidak harus sama dengan biaya yang membuat laporan tersebut.
b. Dapat dimengerti
Informasi dapat dimengerti oleh pemakai karena dinyatakan dalam bentuk dan istilah yang disesuiakan dengan batas pengertian atau pengetahuan pemakai.
c. Relevan
Agar informasi relevan,maka dipilh metode-metode pengukuran dan pelaporan akuntansi keuangan yang akan membantu para pemakai dalam pengambilan keputusan yang memerlukan pengunaan data akuntansi.
d. Dapat dipercaya
Suatu informasi akuntansi yang dapat dipercaya tergantung pada tiga hal yaitu:
1. dapat diuji
2. netral.
3. menyajikan yang seharusnya.
e. Nilai prediksi.
Informasi tentang keuangan masa Semarang atau kinerja masa lalu bisa memiliki nilai prediksi.artinya,dapat digunakan sebagai dasar memprediksi masa depan.
f. Feedback(umpan balik)
Umpan balik dapat berupa prediksi,pembenaran,atau penolakan terhadap perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.
g. Ttepat waktu.
Informasi harus disampaikan sedini mungkin agar dapat digunakan sebagai dasar untuk mebantu dalam pengambilan keputusan-keputusan perusahaan dan untuk mengindari tertundanya pemabilan keputusan.
h. Dapat dibandingkan atau konsisten.
Dengan dibandingkan dimaksudkan agar pembaca laboran keuangan dapat lebih mudah mengetahui persamaan dan perbedaan diantara perusahaan yang bersangkutan.
i. Materiality(cukup berarti)
Tuntutan prinsip akuntansi bila diabaikan jika suatu laporan keuangan dianggap penting bagi pemakai laporan keuangan tersebut.

C.Pemakai Informasi Akuntansi.
1. Pihak internal
Pihak internal adalah pihak yang berhubungan langsung dengan operasi perusahaan sehari-hari yaitu pemimpin perusahaan.pemimpin perusahaan sangat berkepentingan terhadap informasi akuntansi karena dialah yang palin bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.
2. Pihak eksternal.
Pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan tapi tidak terlibat secara langusung dalam membuat berbagai keputusan dan kebijakan operasional perusahaan.
Pihak eksternal terdiri dari pihak-pihak sebagai berikut.
a. Pemilik perusahaan atau pemegang saham atau investor.
Pemilik perusahaan atau pemegang perusahaan adalah pihak yang berkepentingan atas maju-mundurnya perusahaan karena merekalah yang menganggung resiko atas modal yang disetornya kedalam perusahaan.
b. Karyawan dan para serikat kerja.
Karyawan dan serikat kerja berkepentingan atas maju-mundurnya perusahaan.
c. Kreditor
Seringkali perusahaan membutuhkan pinjaman.pinjaman tersebut berasal dari kreditor.kreditor akan memutuskan apakah akan memberi pinjaman atau tidak setelah melihat keadaan perusahaan atau informasi yang disajikan oleh akuntansi.
d.. Badan-badan pemerintah.
Pemerintah berkepentingan terhadap perusahaan misalnya dalam hal perpajakan dan ketenaga kerjaan.
e. Pelanggan.
Pelanggan sudah pasti berkepenting atas maju mundurnya perusahaan.pelanggan dalam hal ini termasuk konsumen dan pemasok.
f. masyarakat.
Masayarakat terutama berada disekitar perusahaan ,berkepntingan terhadap perusahaan dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan dan manfaat sosial.

D. Bidang Akuntansi.
1. Akuntansi keuangan
Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang mengkhusukan pada proses pencatatan transaksi hingga penyajiannya dalam bentuk laporan.dalam pencatatan transaksi keuangan perusahaan,akuntansi keuangan harus mengacu pada prinsip-prinsip yang dinyatakan dalam standar akuntansi keuangan.
2. Auditing
Bidang akuntansi yang mengkhusukan pada pemeriksaan catatan akuntansi secara independen disebut auditing.pelaksanaanya disebut auditor.yang bekerja secara bebas tanpa dipengaruhi kepentingan pihak-pihak tertentu.
3. Akuntansi biaya
Akuntansi biaya berhubungan dengan perencanaa,penetapan,dan pengendalian biaya produksi.karean objeknya adalah biaya produksi maka akuntansi biaya lazim digunakan oleh perusahaan Yang kegiatan utamanya memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi.
4. Akuntansi manjemen
Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang mengkhusukan pada pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi untuk membantu manajemen dalam menjalankan perusahaan.
5. Akuntansi anggaran
Akuntansi anggaran berhubungan dengan penyusunan rencana pengeluaran perusahaan dan membandingkannya dengan pengeluaran aktual.akuntansi anggaran merupakan bagian dari akuntansi manajemen.
6. Akuntansi perpajakan.
Akuntansi perpajakan mengkhusukan kegiatannya dalam penyiapan data yang diperlukan dalam perhitungan pajak.tujuannya adalah agar pajak yang dibayar perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah.
7. Sistem akuntansi.
Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang mengkhusukan dalam perencanaa dan pelaksanaa prosedur pengumpulan serta pelaporan data keuangan.
8. Akuntansi pemerintah
Akuntansi pemerintah mengkhusukan dalam penyajian laporan transaksi yang dilakukan oleh pemerintah.akuntansi inni melaporkan dan menjelaskan melalui data akuntansi berbagai aspek dai pengolaan administrasi keuangan negara dan melakukan pengendalian atas pengeluaran atau uang negara.
9. Akuntansi pendidikan
Akuntansi pendidikan berhubungan dengan kegiatan pengajaran dan pengembangan kegiatan akuntansi.

E. Bidang Profesi Akuntansi
1. Akuntan perusahaan(internal)
Akuntan perusahaan adalah akuntan yang bertanggung jawab dalam perusahaan dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuangan perusahaan.akuntan perusahaan biasanya bertindak sebagai pengontroll perusahaan yaitu pengawas terhadap seluruh operasi perusahaan yang berhubunag dengan keluar-masuk uang.
2. Akuntan publik
Akuntan publik adalah akuntan independen yang secara independen atau kelopmpok memberikan jasa dalam bidang akuntansi bagi perusahaan atau organisasi bisnis dan non bisnis.
3. Akuntan pemerintah
Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintanh yang tugas utamanya adalah merencanakan.mengendalikan,dan memeriksa penggunaan uang atau kekayaan negara.
4. Akuntan pendidik
Akuntan pendidik adalah akuntan yang tugas utamanya mengembangkan dan mengajarkan akuntansi.

F.Etika Informasi Akuntan
1. Menghindari pelanggaran etika yang terlihat remeh.
2. Memusatkan perhatian pada reputasi jangka panjang.
3. Bersiap mengahadapi konsekuensi yang kurang baik bila berpegang pada perilaku etis.

G.Standar Akuntansi keuangan
Standar akuntansi keuangan merupakan himpunan,prinsip,dasar,metode,dan teknik akuntansi yang mengatur penyusunan laporan keuangan ,khususnya yang ditujukan kepada pihak luar seperti pemegang saham,kreditor,investor,dan bank.
Standar akuntansi senantiasa mengalami perbaikan dan penyempurnaan sesuia dengan kondisi mutakhir dari kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat.

Bab 8
Struktur dasar akuntansi
A. Penggolongan Trasnsaksi
Transsaksi adalah kejadian dalam kegiatan ekonomi yang dapat memengaruhi kekayaan perusahaan.
1. Transakis keuangan meunurut pihak yang melakukan.
a. Transaksi keuangan internal.
Transaksi keuangan internal adalah transaksi yang terjadi secar internal tanpa melibatkan pihak dai luar perusahaan .contohnya penetapan pemakaian perlengkapan dan penetapan jumlah piutang tak tertagih
b. Transaksi keuangan eksternal
Transaksi keuangan eksternal adalah transaksi yang dilakuan oleh perusahaan dengan pihak lain diluar perusahaan.contoh transaksi eksternal adalah pembelian peralatan.
2. Transaksi keuangan menurut sumber.
Transaksi keuangan menurut sumber adalah transaksi yang memengaruhi modal dan operasi perusahaan.macam –macam transaksi.
a. Transaksi modal
transaksi modal adalah transaksi yang memengaruhi modal pemilik perusahaan.
b. Transaksi usaha adalah transaksi yang ada kaitannya dengan operasi perusahaan.

B. Persamaan Dasar Akuntansi
 Menurut persamaan akuntansi harta aktiva selalu sama dengan kewajiabn ditambah modal.
H=M
 Karena konsep kesatuan usaha menghendaki pemisahan modal pemilik dari kekayaan atau harta perusahaan ,maka hubungan ketiga unsur persamaan akuntansi selanjutnya dinyatakan dalam: H= U + M
H= U + M – B Beban
H= U + M –B+ P pendapatan.
Jadi menurut persamaan akuntansi harta atau aktiva selalu sama denga kewajiban.

Penggolongan Perusahaan.
1. Menurut jenis pekerjaannya,
a. perusahaan jasa
b. perusahaan dagang.
c. Perusahaan pabrik/industri.
2. Menurut bentuk hukum.
a. perusahaan perorangan
b. persekutuan.
c. Perseorang terbatas.
d. Koperasi.
Konsep Dasar Akuntansi
a. konsep kesatuan usaha:informasi perusahaan dimana perusahaan hanya menginformasikan masalah keuangan perusahaan itu sendiri.keuangan perusahaan terpisah dari pemilik,keuangan,karyawan dan para direksi.
b. Berkesinambungan.
c. Pengukuran nilai uang.
d. Harga perolehan:jumlah uang yang dikeluarkan untuk memperoleh sebuah barang/jasa dan pertukaran sampai barang siap untuk digunakan.
e. Periode akuntansi/pelaporan akuntansi secara berkala.
f. Penetapan bebandan pendapat hanya diakui dalam periode yang bersangkutan.

Penggolongan Akun
 Akun adalah formulir tempat mencatat transaksi keuangan yang sejenis dan dapat mengubah komposisi harta kewajiban modal perusahaan.
 Akun dibedakan menjadi 2 yaitu:
a. Akun rill(akun tetap/neraca:harta,utang,kewajiban,modal)
b. Akun nominal(akun sementara/akun L/R:akun pendapatan)

Akun Harta/Aktiva
1. Harta lancar: berupa uang kas/bank/harta yang midah diuangkan/harta yang umur pemakaiannya kurang dari satu tahun.contoh kas,surat berharga,wesel,piutang,dll.
2. Harta tetap: harta berwujud yang digunakan dalam kegiatan perusahaan dan mempunyai unsur ekonomis lebih dari satu tahun.contoh:tanah,gedung,mesin kendaraan,peralatan.
3. Harta tak berwujud.harta yang tak berwujud fisik tapi punya nilai uang.contoh hak paten,hak cipta,goodwill.

Akun Kewajiban
Akun kewajiban adalah pengorbanan ekonomis yang harus dilakukan oleh perusahaan pada masa yang akan datang.
1. Utang lancar/utang jangka panjang.contohnya:wesel barang,utang usaha,beban,biaya yang masih harus dibayar,pendapatab diterima dimuka.
2. Utang jangka panjang.contoh:utang bank,utang hipotik,utang obligasi.

Akun Pendapatan Dan Beban
1. pendapatan usaha.
2. pendapatan diluar usaha
3. beban usaha
4. beban lain-lain.

*GOOD WORK*

sosiologi

 

1.pengertian mobilitas social

mobilitas social adalah pergerakan social baik secara vertikal maupun horizontal yang pola-polanya mengatur organisasi suatu kelompok social.

Beberapa pengertian tentang mobilitas social.

a.william kornblum:perpindahan individu,keluarga,dan kelompok sosialnya dari satu lapisan kelapisan lainnya.

b.michael S.Bassis:perpindahan keatas atau kebawah lingkungan sosio ekonomi yang merubah status social  seseorang dalam masyarakat.

c.Edward Ransford:perpindahan keatas-kebawah dalam lingkungan social secara hirarki.

d.Kimball young dan Raymond w.mack:mobilitas dalam struktur social yaitu pola pola tertentu yang mengatur orgasnisasi suatu kelompok social.

 

2.jenis-jenis mobilitas social

a.mobilitas social horizontal

mobilitas social horizontal adalah perpindahan kedudukan secara mendatar atau dalam lapisan yang sama dan sederajat.

2 macam mobilitas horizontal:

mobilitas horizontal antargenerasi:mobilitas yang terjadi dalam dua generasi ,antar anak dan ayah.

mobilitas social horizontal intragenerasi:mobilitas yang terjadi dalam diri /dialami oleh orang itu sendiri atau kelompok individu dalam generasi yang sama (adik-kakak).

Mobilitas social horizontal sering diidentikan dengan mobilitas social,yaitu mobilitas yang berhubungan dengan perpindahan pada posisi sejajar yang merupakan mobilitas antar wilyah yang disebut mobilitas geografis.

b.Mobilitas social vertical

mobilitas social vertical adalah perpindahan kedudukan dari yang rendah kekedudukan yang lebih tinggi,atau sebaliknya.

 

Mobilitas vertical naik mempunyai dua bentuk:

-masuknya individu yang memiliki kedudukan rendah ke kedudukan yang lebih tinggi ,dimana kedudukan itu telah ada dan tersedia.

-pembentukan statu kelompok baru kemudian ditempatkan pada derajat yang lebih tinggi dari kelompok kedudukan kelompok tersebut.

 

Mobilitas vertical Turun mempunyai 2 bentuk yaitu;

-turunnya kedudukan individu ke kedudukan yang lebih rendah derajatnya.

-turunnya derajat kelompok individu yang terwujud dalam bentuk disintegrasi dalam kelompok sebagai statu kesatuan.

 

2 macam mobilitas social vertical

a.mobilitas vertical antargenerasi:mobilitas vertical yang terjadi dalam antar 2 generasi antara ayah dan anak.

b.mobilitas vertical intragenerasi:mobilitas yang terjadi dalam diri seseorang atau sekelompok individu.

 

HUBUNGAN STRUKTUR SOSIAL DENGAN MOBILITAS SOSIAL

Apabila masyarakat tersebut memiliki struktur sosial yang kaku maka kemungkinan terjadi mobilitas sosial sangat tipis karena masyarakatnya menganut sistem stratifikasi tertutup.sedangkan pada masyarakat yang memiliki struktur sosial yang luwes terjadi mobilitas sosial yang sangat besar,hal ini terjadi pada masyarakat yang menganut sistem stratifikasi sosial terbuka.

Faktor pendorong mobilitas sosial.

1) struktural

faktor struktural adalah jumlah kedudukan relatif dari kedudukan yang tinggi dan bisa diisi serta kemudahan untuk memperolehnya.

  1. a. struktur pekerjaan.
  2. b. Perbedaan tingkat fertilitas.
  3. c. Penerapan ekonomi ganda.

2) Individu

Faktor individu adalah kualitas seseorang ,baik ditinjau dari segi tingkat pendidikan ,penampilan maupun keterampilan pribadi.

  1. a. perbedaan kemampuan
  2. b. orientasi sikap terhadap mobilitas.
  3. c. Faktor kemujuran.

3) status sosial

4) keadaan ekonomi

5) situasi politik.

6) Kependudukan(demografis)

7) Keinginan elihat daerah lain.

 

Faktor penghambat mobilitas sosial;

1) kemiskinan.

2) Diskriminasi kelas.

3) Perbedaan ras dan agama

4) Perbedaan jenis kelamin.

5) Pengaruh sosialisasi yang sangat kuat.

6) Perbedaan kepentingan.

Saluran Mobilitas Sosial

  1. Angkatan bersenjata.
  2. Lembaga pendidikan.
  3. Organisasi politik.
  4. Lembaga keagamaan.
  5. Organisasi ekonomi.
  6. Organisasi profesi.
  7. Perkawinan.
  8. Organisasi keolahragaan.

 

Cara-cara khusus yang digunakan untuk menaiki status sosial antara lain:

1)      perubahan standar hidup

2)      perubahan nama

3)      perubahan tempat tinggal

4)      perubahan tingkah laku

5)      bergabung dengan organisasi tertentu.

 

Dampak mobilitas sosial

Menurut horton dan hunt (1987) ada beberapa konsekuensi negatif dari adanya mobilitas sosial vertikal,antar lain:

  1. adanya kecemasan akan terjadi penurunan status bila terjadi menurun.
  2. timbul ketegangan dalam mempelajari peran baru dari status jabatan yang meningkat.
  3. kereteakan antara hubungan antar anggota kelompok primer,yang semulanya karena seseorang berpindah ke status yang lebih tinggi atau status ke yang lebih rendah.

 

Dampak positif mobilitas sosial

  1. mendorong seseorang untuk lebih maju.
  2. mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat kearah yang lebih baik.
  3. meningkatkan integrasi sosial.

Dampak negatif Mobilitas sosial”

  1. timbulnya konflik
    1. konflik antar kelas                   c.konflik antyar generasi
    2. konflik antar kelompok sosial.
  2. berkurangnya solidaritas kelompok.
  3. timbulny gangguan psikologis.

 

 

Good work

 

sosiologi

 

 

1.pengertian konflik social

Konflik adalah suatu proses sosila yang  antar dua orang atau lebih yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan jalan mengahncurkan atau membuatnya tidak berdaya.

Beberapa definsi tentang konflik

a.menurut soerjono soekanto:sebagai pertentangan atau pertikaian suatu proses social perorangan atau kelompok manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhan tujuannya dengan menantang pihak lawan,disertai ancaman dan kekerasan.

b.Drs.Ariyono suyono:proses keadaan dimana dua pihak berusaha menggagalkan tercapainnya tujuan  masing-masing yang ada disebabkan ada perbedaan pendapat,nilai-nilai.

c.Dr.Robert M.Z Lawang:perjuangan untuk memeperoleh nilai ,status, kekuasaan ,dimana tujuan dari mereka berkonflik untuk menunudukan sainganya.

 

2.Berbagai konflik dalam masyarakat

a.konflik antar individu

konflik ini terjadi karena adanya perbedaan kepentingan keyakinan,pendirian antar individu.

b.konflik antar kelas.

Konflik ini terjadi karena adanya perbedaan kepentingan antar satu dengan kelas yang lain.contoh:konflik antar majikan dan pembantunya.

c.Konflik antar kelompok

d.konflik antar generasi.

e.lonflik antar etnis

f.konflik antar agama.

g.konflik antar golongan

h.konflik internasional.

 

3.Macam-macam konflik

A.konflik vertikal

Konflik vertikal adalah pertikaian yang terjadi anatara rakyat dengan pemerintah.contoh GAM dengan indonesia.gerakan papua merdeka dan republik maluku selatan.

Suatu gerakan yang menentang pemerintah dan mendirikan pemerintahan dalam suatu negara sah di sebut separatis.paham atau pandangan disebut separatisme.

B.Horizontal

Konflik horizontal adalah konflik atau pertikaian antara masyarakat,antar suku bangsa yang satu dengan yang lain.konflik antar bangsa disebut juga konflik antar etnis.

 

4.Faktor-faktor penyebab konflik.

a.perbedaan antar individu:

-perbedaan emosi

-perbedaan pendirian.

b.perbedaan latar belakang:

-latar belakang keluarga

-latar belakang lingkungan sosial

-latar belakang pendidikan

-latar belakang nilai dan norma

-latar belakang adat istiadat

c.perbedaan kepentingan

-kepentingan individu

-kepentingan kelompok

d.perubahan sosial

-perubahan nilai

-perubahan pola pikir

-perubahan perilaku

-perubahan sikap dan cara pandang

 

perubahan sosial dapat terjadi secara cepat revolusioner sangat mudah menyulut konflik sosial

sebabnya:ketika perubahan nilai terjadi maka perubahan sikap pun terjadi warga masyarakat mulai hidup bersaing,sehingga mulai tradisional(contoh gotong-royong dan nilai nilai kebersamaan berangsur-angsur hilang sikap tanpa pamrih berubah menjadi rasa pamrih akhirnya orang berpandang individualisme.

Dampak terjadinya konflik sosial.

Dampak secara langsung:

1).retak dan terpecahnya hubungan antar individu dan kelompok sosial.

2).terjadinya perubahan kepribadian pada diri seseorang.

3).kerugian harta benda dan korban jiwa.

4).sulitnya memenuhi nafkah hidup,sebab keamanan lebih tidak kondusif.

5).lumpuhnya roda perekonomian.

6).proses pendidikan terhambat akibat rusaknya sarana/fasilitas.

Dampak secara tidak langsung.

A.berpengaruh terhadap sumber-sumber ekonomi,dan psikologi pada orang yang mengetahui /memahami akibat dari konflik.

Dampak positif adanya konflik:

  1. mempererta atau meningkatkan rasa solidaritas antar anggota kelompok.
  2. Muncul pribadi tahan uji.
  3. Hidupnya norma-norma baru.
  4. Munculnya kompromi.

Perbedaan konflik dan kekerasan.

No Konflik kekerasan
1 Pertikaian,pertentangan,perselisihan,disertai tekanan dengan ancaman Perbuatan yang menyebabkan cedera/matinya sesorang bahkan kerusakan harta benda.

 

Thomas Santoso membagi kedalam 3 kelompok kekerasan besar,yaitu

1) kekerasan sebagai tindakan aktor individu.

Para ahli ini berpendapat bahwa manusia melakukan kekerasan karena adanya faktor bawaan,seperti kelainan genetik dan fisilogis.

a.kekerasan verbal.

b.kekerasan fisik.

2) kekerasan struktural.

Kekerasan bukan berasal dari orang tertentu melainkan terbentuk dalam suatu sistem sosial .disebabkan struktur dan aparatur negara.

3) kekerasan sebagai kaitan antara aktor dan struktur.

Terdapat 4 jenis kekerasan yang dapat diidentifikasikan :

a.kekerasan terbuka:kekerasan yang dapat dilihat seperti perkelaihan.

b.kekerasan tertutup:kekerasan tersembunyi atau secara tidak langsung dilakukan,seperti pengancaman.

c.kekerasan agresif:kekerasan yang dilakukan untuk mendapatkan sesuatu seperti penjambretan dan perampasan.

d.kekerasan defensif:kekerasan untuk melindungi diri.

 

LANGKAH-LANGKAH PENANGAN KONFLIK

1) melalui akomodasi

Akomodasi adalah upaya penyelesaian konflik ,secara umum beberapa pengendalian konflik,yaitu sebagai berikut.

  1. kompromi:cara penyelesaian konflik dimana pihak yang terlibat konflik saling mengalah atau saling memeberi dan menerima kebijakan,tanpa paksaan.
  2. Toleransi:cara penyelesaian konflik dimana pihak yang bertikai saling mengurangi tuntutan dan saling menghargai pendirian masing-masing.
  3. Konversi:cara penyelesaian konflik dimana salah satu pihak yang bertikai mengalah.
  4. Coersion:penyelesaian konflik melalui suatu proses yang dipaksaan.
  5. Mediasai :cara penyelesaian konflik dimana kedua belah pihak setuju mengundang pihak ketiga sebagai media(perantara) mediator berfungsi sebagai penasehat dang bersikap netral/Tidak memihak.
  6. Arbitrase:cara penyelesaian konflik dimana dengan mengambil pihak ketiga atas persetujuan kedua belah pihak yang bertikai.
  7. Konsilasi:usaha yang dilakukan dengan mempertemukan pihak yang bertikai dengan melalui lembaga formal,untuk berunding agar diperoleh persetujuan bersama.
  8. Segresi:upaya penyelesaian konflik dengan cara masing-masing pihak yang bertikai saling menghindar agar ketegangan tidak terjadi.
  9. Genjatan senjata:bentuk penanggulangan konflik untuk jangka waktu tertentu sehingga masing –masing pihak menyimpan senjata.

2)   penanganan menuju integrasi sosial.

  1. a. musyawarah dan mufakat

musyawarah adalah pembahasan suatu masalah secara bersama-sama agar tercapai pendapat bulat dan dianggap paling baik,paling benar,serta dipertanggung jawabkan.sedangkan mufakat artinya ,persetujuan bulatatau kesepakatan bersama dalam penyelesaian bersama.

  1. b. kerja sama

kerja sama adalah suatu usaha bersama antar orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai  satu atau beberapa tujuan.

  1. c. gotong royong

gotong royong adalah bekerja bersama-sama terutama dalam pekerjaan berat dan tidak mungkin diselesaikan satu orang.

 

3)Faktor-faktor pendorong integrasi sosial.

a.homogenitas kelompok

b.besar kecilnya kelompok

c.mobilitas geografis

d.efektivitas dan efisiensi komunikasi.

 

4) proses interaksi sosial menuju integrasi

a. fase akomodasi

akomodasi adalah proses meredakan pertentangan atau konflik untuk mencapai kestabilan sosial.

b. fase kooperasi

kooperasi timbul karena ketegangan masyarakat akibat adanya unsur unsur yang berbeda setelah terjadinya proses akomodasi.

c. fase koordinasi

koordinasi sangat diperlukan dalam rangka menyempurnakan bentuk kerja sama yang terjalin.

  1. d. fase asimilasi

Asimilasi adalah fase mencapai integrasi sosial yang palin sempurna.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Good work

 

geografi

 

A.jumah penduduk dunia

1.pengertian antroposfer

Antroposfer adalah lingkungan dari bumi yang dihuni manusia.

2.dampak peledakan penduduk

a.persaingan lapangan pekerjaan

b.persaingan untuk mendapatkan permukiman

c.kesempatan pendidikan

3.pengendalian peledakan penduduk

a.intensif dan sanksi

intensif akan diberikan pada sedikit anak.sementara pasangan yang memiliki banyak anak akan diberi sanksi.misalnya harus membayar pajak lebih besar.

b.pendidikan tentang keluarga berencana.

 

B.komposisi pendudk berdasarkan umur dan jenis kelamin

1.menghitung  jumlah penduduk

a.sensus penduduk

Sensus dibedakan menjadi dua yaitu sensus de facto dan sensus de jure.sensus de facto adalah perhitungan penduduk atuau pencacahan penduduk yang dilakukan setiap orang yang pada waktu sensus  diadakan berada dalam wilayah sensus.sensus de jure adalah pencacahan yang hanya dikenakan  pada penduduk yang bertempat tinggal dalam wilayah  sensus tersebut.

b.registrasi

registrasi adalahkumpulan keterangan kelahiran,kematian,dan segala kejadian penting manusia ,misalnya perceraian,perkawinan,dan pengangkatan anak.

c.survei

survei merupakan pencacahan penduduk dengan cara pengambilan contoh daerah.

 

1.Mengukur pertumbuhan penduduk

a.pertumbuhan penduduk alami

PPA=(L-M)

Ket:L:kelahiran

M:Kematian

b.Pertumbuhan penduduk total

PPT=(L-M)+(I-E)

Ket:I:imigrasi

E:emigrasi

c.proyeksi penduduk

Pn=po(I+r)n

Ket:Pn:jumlah penduduk tahun n

Po:jumlah pendudk tahun o

n:jumlah tahun antara o dan n

r:tingkat pertumbuhan penduduk pertahun

2.Kelahiran

Faktor-faktor pronalitas(yang mendukung kelahiran)

a.kawin usia muda

b.tingkat kesehatan

c.anggapan banyak anak banyak rezeki

faktor-faktor antinatalitas(yang menghambat kelahiran)

a.pembatasan umur menikah

b.progran KB

c.pembatasan tunjangan anak

d.anak merupakan beban

(1) anka kelahiran kasar(CBR)

CBR=

Ket:B:kelahiran

P:jumlah penduduk

K:konstanta

(2).angka kelahiran menurut umur

ASBR=

Ket:Bx:jumlah anak yang lahir dari wainta kelompok umur x

Px:jumlah wanita kelompok umur x

3.Kematian

Faktor-faktor anti mortalitas(faktor penghambat kematian)

a.fasilitas kesehatan yang memadai

b.lingkungan bersih dan teratur

c.ajaran agama yang melarang bunuh diri

d.tingkat kesehatan masayrakat yang tinggi.

 

Faktor-faktor pro mortalitas(mendukung kematian)

a.kurangnya kesadaran masayarakatr tentang pentingnya kesesehatan.

b.kurangnya fasilitas yang memadai.

c.terjadi kecelakaan lalu lintas

d.adanyan bencana alam.

e.terjadi peperangan

 

(1) Angka kematian kasar

CDR=

Ket:D:jumlah kematian

P:jumlah penduduk

K:konstanta

(2) Anka kematian menurut umur

ASDR=

Ket:Dx:jumlah kematian dalam kelompok umur x

Px:jumlah pendudk dalam kelompok umur x

 

PESEBARAN DAN KEPADATAN PENDUDUK

Faktor-faktor

a.faktor fisiografis

b.faktor Biologi

c.faktor kebudayaan dan teknologi

(1) Kepadatan penduduk Aritmatik

Kepadatan penduduk Aritmatik=

(2)Kepadatan penduduk agraris

Kepadatan penduduk agraris =

(3)   Depedency ratio

DR=

(4)   Sex Ratio

SR=